#31DaysJournaling: Day 16

Writing Prompts: Write detailed steps on how to wrap a present.

Ahey! Agak-agak rumit ya, diminta nulis tanpa praktik langsung wkwkw. Secara yang begini biasanya jauh lebih gampang kalau nonton video daripada baca teksnya ya kaan. But it’s okay, akan kucoba jelaskan se-detail mungkin, dan later on pas udah sempet plus lagi bungkus kado, akan ditambahin foto-foto juga hehehe.

1st step – Siapin kado, kertas kado, solatip (or selotip huh? atau double tape pun gud lebih rapi), gunting, penggaris (kalau kertasnya terlalu besar dan mau dihemat/ dipake lagi ya khan), plus kartu ucapannya!

2nd step – Nah, sebelum lanjut lagi, coba tengok dulu deh bentuk kado yang mau dibungkus gimana? Bentuknya sudah kotak/ proper buat langsung dibungkus kah? Sebisa mungkin, bentuknya dipadatkan ya, jadi lebih mudah dibungkus. Misalnya mau kadoin handuk, jangan digelar gitu buund. Digulung tight aja jadi lebih mudah, plus dikasih tali/ pita buat ikat jadi dia stay dalam bentuk itu. Kalau bentuknya terlalu absurd, bisa juga cari kotak buat masukin, jadi lebih gampang bungkusnya. Sebenernya bisa juga kalau kertas kadonya mau dibentuk jadi macam kantong, tapi itu nggak kita bahas yaa.

3rd step – Laluu, tengok dulu, itu kertas kado yang ada, proporsinya segimana dibanding si kadonya. Pas? Lebih? Kurang? Kalau pas, aman dah lanjut aja yak. Kalau lebih bebas, bisa dipotong, atau lanjut aja jadi beberapa kali wrap. Nah kalau kurang.. sekurang apa nih? Kalau kadonya bantal 30×30 cm tapi kertas kadonya sisa setelapak tangan.. dah lah kau ni gimana 🙂 beli aja lagi ha. Tapi kalau kurangnya dikiit lagi, masih bisa diakalin. Misalnya kalau mau bungkus kotak, posisi kertas kadonya jangan sejajar, tapi agak miring alias diagonal.

Nah macam ini, bisa ngakalin kertas yang udah mau abis!
(Sumber: Youtube/ But First, Coffee)

4th step – Kalau sudah, letakkan kado di atas kertas kadonya yuk! Kalau memang kertasnya pas atau lebih, bisa diposisikan sesuai gambar sebelah kiri di atas. Kalau kurang, ya yang di kanan yaak. Kalau udah, yuk mulai bungkus!

5th step – Sesuaikan posisi kado dengan salah satu ujung kertas kado. Buat satu sisi kertas kado bisa menutup setengah bagian dari kado (kalau mau tengok gambar lagi, macem yang kiri itu yaa bund). Setelah itu, solatip agar kertas kado stay di situ. Nah tapi kalau kadonya nggak bisa ditempel solatip (macam boneka, bantal, atau lainnya), kertas kado yang sudah diposisikan bisa ditahan di situ, dan lanjut step 6 yaa.

6th step – Tarik kertas kado dari sisi satunya sampai maksimal, lalu tempelkan di sisi kertas kado sebelumnya. Tekan di sisi-sisi kado yang sudah terbungkus supaya lebih rapi yaa bund.

7th step – Bergeser ke bagian atas dan bawah yang masih terbuka yaa, biar kita lanjut bungkus rapi! Posisinya bisa tetap ditaroh di lantai atau meja, bisa juga dijepit di kaki, jadi yang lagi dikerjain menghadap ke kita, bagian satunya ke bawah. Biasa gue gini sih WKWK, jadi bagian bawahnya nggak lecek/ rusak. Kalau di meja, sisi satu kita anggap depan, dan sisi satunya belakang yah. Kalau dijepit di kaki, sisi satunya itu atas, sisi satunya bawah, okay?

8th step – Nah buat bungkusnya, biasa satu sisi gue lipat menghadap sisi satunya, jadi tidur gitu rata sama kadonya. Terus, sisi satunya juga dilipat, niban sisi yang pertama. Kalau sudah kan jadi ada dua segitiga ya? Nah itu dilipat juga jadi rebah, terus disolatip. Sisi satunya pun, niban dan disolatip juga. Kalau sudah, bisa diulang buat sisi bagian belakang/ bawah kadonya deh! JADI, YEAY! wkwkwk.

Ini yang paling sederhana sebenernya, kalau mau divariasiin, step 8 tadi cuma diterapin ke satu sisi (depan/ atas (tergantung gimana posisi di step ke-7 wkwk)). Kalau udah, sisi satunya yang masih pada lurus, bisa dilipat jadi satu sejajar ke atas. Terus, dilipat-lipat ke bawah dengan arah bergantian, depan dan belakang. Macam prakarya pas SD bikin kipas kalau ingeet hehe. Kalau udah, ditahan tengahnya aja buat disolatip. Jadi mekar gitu deh kiri kanannya macam kipas!

Asli ini topik random juga yaah bahas cara bungkus kado wkwkwk. Kirain bakal singkat penjelasannya, eh bisa dijabarin panjang juga ternyata! Hope it helps yaa, see you on next journaling/ writing prompts!

Fri, December 18th, 2020. 11.17 P.M.