Di tengah hutan antara Lero dan Moma

Mission Trip: Pedalaman Palu! (Part 1/2)

WKWKWK, mengawali tulisan ini dengan ketawa karena terpikir.. semua cerita agak basi deh nulisnya 😦 Jadi trip ini… Desember lalu HE HE. Yes, sesuai judulnya, ini perjalanan misi dari gereja, ke pedalaman Palu. Jadi sebenernya dari dulu gue selalu pengen ke pedalaman, buat kontribusi sesuatu. Dulu kepikiran mau coba dari berbagai komunitas yang ada, macam 1000 Guru or lainnya. Seru sih bayanginnya, travelling sekalian ngajar, ketemu sama banyak orang baru, dan yaa secara nggak langsung memaknai lagi kehidupan ya khan. Oh beside, pernah juga plan trip ke Suku Baduy, tapi sayangnya belum terealisasi.

Ok, long story short, jadi Juni tahun lalu itu udah ada tim yang berangkat, dan tiba-tiba gue di-approach buat jadi tim yang berangkat lagi Desembernya. Shock iya, lebih banyak happy, excited, sama bingung HAHA. Bingung karena mau ngapain di sana, bingung karena gue yang paling tua dari yang trip ke sana (iya, sisanya adik-adik q) (sebenernya formasi tim yang berangkat berubah-ubah sih dari awal plan sampai akhirnya beli tiket), PLUS bingung karena katanya pada nggak bisa bahasa Indonesia di sana HA. Akhirnya harinya semakin dekat, terus udah di-briefing juga sama tim Juni, dan udah doa juga mau trip ke sana. Tibalah harinya, kami ke Palu berangkat tanggal 24 – 29 Desember 2019, karena sengaja mau rayain natalan di sanaa.

Jakarta – Palu

Foto dulu shay sebelom cao

The power of nyari tiket best price… baru ngeh flight-nya ternyata jam 2 pagi coy HAHAH. Trip ini gue pergi berlima, dengan empat orang udah kenal dari sebelumnya, dan satu orang baru kenal pas plan trip ini. Akhirnya sampailah di Palu, Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, dan dijemput sama pendeta lokal di sana, Om Deny namanya. OH TUNGGU, gue kepikiran mau ganti simcard kan ya karena udah dibilang yang dapet sinyal di pedaleman itu cuma Telkomsel. Eh lupa, yaudah ikhlas pas ke pedalaman yaudah aja ga ada sinyal kan. TAPI, daku baru sampe Palu aja udah ga ada sinyal hoi?

Sampai di rumah Om Deny, kami beberes sebentar dan keluarin barang-barang dari koper. Jadi dibawanya pakai karung-karung gitu, baju pulang dan koper-koper ditinggal semua di rumah si om. Jadi cuma tas carrier kami masing-masing, waist bag, sama karung-karung bawaan. Terus kami naik mobil lagi, mulai menjauhi kota Palu-nya dan masuk ke pedalaman, it took 4-5 hours by car. (Btw ternyata kami salah pilih tanggal loh iki :)) pada pulang ke daerah masing-masing jemaat di kota Palu-nya karena natal, jadi nggak banyak yang bisa temenin trip, wk). First stop, restoran ikan yang JUJUR ENAK BANGET WOI? Sebenernya sebelom berangkat agak parno, karena dibilang sama beberapa tim Juni, makanannya nggak begitu cocok sama mereka. Tapi asli enak banget hey 🙂

Desa Lalundu

Lanjuut lagi trip, sampai di Desa Lalundu, dan kami stay di rumah pendeta di sana, Pak Tery. Pak Tery ini ternyata yang sungguh setia bolak-balik ke dusun yang akan kami pergi-in, selama bertahun-tahun :”) Oh iya, jadi kami rencananya visit 1 desa dan 2 dusun selama di Palu ini. Lanjut, rumahnya pas di sebelah gereja, dan dia tinggal sama istrinya, Bu Ince, dan dua anaknya. Ternyata lagi, malem itu jadi pusing mikirin trip ke dusun-dusun itu, karena orangnya pada nggak ada berhubung pada liburan natal :))) agak salah emang deh pilih tanggalnya wkwkwk. Mana pada susah sinyal kan ya, jadi makin sulit koordinasinya :”)

Wis akhirnya istirahat, sambil packing-packing barang yang gue dan temen-temen bawa buat kasih semacam souvenir dan donasi buat dusun-dusun tujuan. Theen, malem itu tidur, digelarin tiker di ruang tamunya mereka gitu. Besok paginya bangun, dan siapin ibadah buat jemaat di sana. Merry Christmas! Abis ibadah dan makan-makan, kami diajak anak-anak di sana buat ke.. sungai? Sungai bukan ya… kayanya iya HAHAH, mereka sebutnya Koala (iya ucul yak). Seneng ketemu aiir, terus main-main bentar, dan balik. Terus! Mereka ngajak ke satu tempat….. sewa WiFi:)) aneh banget asli. Kenapa aneh? Karena susah, dan bahkan tak ado sinyal di sana, e tapi kok ya ada yang sewain WiFi?… Cuma empat ribu/ enam jam anyway! (Eh atau enam ribu/ empat jam? Itu lah, lupa wkwkwk).

Ini dia Koala-nya, banyak batu-batu gede gitu, dan dia turuun ke bawah lagi dari pemukiman. Nggak jauh, tapi berasa cape juga shay HE

Terus akhirnya dateng beberapa “ojek” yang akan bawa kami ke dusun-dusunnya. Pamitan sikit, soalnya hari terakhir akan balik ke sini lagi nunggu dijemput sama Om Deny. Pas naik motornya.. WAW PANIK, wkwkwkwk, ngebut banget asle. Jalanannya.. tidak semulus jalan kita di BSD dan Jakarta sini sis 🙂 berbatu-batu, tanah lempung, naik turun. Jadi Lero lokasinya nanjak kalau dari Lalundu, jadi naik motor dengan segala per-ngedenan yang ada, serem banget sih takut ngejengkang (?) ngebalik gitu motornyaa.

Ini salah satu tampak jalannya (pas belom ekstrem ya sis, belom yang nanjak banget) (Photo : Oline)
Pas udah sampe Lero, ini salah satu motor dan si Putri kawanku penumpangnya. Udah agak sekarat motornya ini, ngepul teruus wkwkwk.

But anywaay, kami selamat kook (jelas sih, kakak yang nyetir jago-jago kok wkwkwk) naik ojeknya kurang lebih 2 jam… ya tepos shay. Sampailah kami dii Lero! First impression? Cantik, banyak taneman warna-warni, I likee. Banyak ayam berkeliaran btw wkwkk. Pas sampe, satu kawanku… engap :”) dia naik motor yang udah agak tua, jadi berat nanjak dan keluarin asep buanyaaak banget-banget.

Lero

Malam itu kami cuma istirahat dan ngobrol-ngobrol sama pendeta di sana, namanya Pak Mohe. Istrinya namanya Kak Hati, lucuu, hahahah (kami masih kontakan sampe sekarang!) Rumahnya dari kayu-kayu dan atap anyaman daun-daunan gitu (mereka perbaikan setiap tahun (atau dua tahun ya!?) dan anyamannya dibuat sekitar semingguan). Tapi ya namanya daun-daun gitu ya, sikon sekarang udah pada bolong-bolong gitu, jadi kalau hujan sedikit banyak masuk. Di sini tentu susah sinyal juga, tapi ajaibnya.. ada satu pondok gitu, mereka sebut pondok facebook, karena cuma di situ yang ada sinyal wkwkwk, sungguh ajaib.

(Kiri) pemandangan dari dalam rumah: gunung, awan ❤ (Tengah) tempat tidur ciwi ciwi (Kanan) di ruangan yang sama seperti tempat tidur ada ruangan kosong ini, jadi setengah kasur, setengah ini, dibatesin pintu lagi

Abis ngobrol-ngobrol, kami makan yang disajiin Kak Hati…. ya halo sambel gorengnya enak banget!? Sampe shiok wkwkwk. Gue bukan pecinta sambel, tapi itu enak banget :”) yang cukup bikin shiok lagi…. ayam bakarnya sih… jadi mereka pakai ayam kampung, tapi langsung dibakar aja gitu, soo keras luar biasa :”) makannya dikasih pisau gitu buat sambil suwir-suwir ayamnya ehe (sampe malem pas sendawa masih rasa asap-asap bakar dari ayamnya btw, cukup traumatis hiks) sayur lainnya ada pucuk labu, baru pertama coba juga dan surprisingly totally not bad! Sambelnya sih juara, dipeperin ke ayam pun jadi nikmat sekali. Gue bener bisa makan nasi sama sambel doang sih kalau seenak itu.

This is da food, itu ayam kampung raksasanya WKWK, di mangkok kecil sambel goreng nikmad, yang tempat hijau kecil pucuk labu, yang di mangkok kaca.. kambing? Lupa he he

Jam 7, kami buat ibadah umum lagi buat jemaat di sana. Bener deh, seneng banget pelayanan di sana, bisa liat jemaat-jemaat di sana. Tapi ya itu sih, rasanya banyak bingung dan cukup unprepared 😦 feel so sorry for them. Di dusun ini tuh nggak banyak orang, kurang dari 10 keluarga deh, karena emang jauh banget dari mana-mana. Jadi kalau ada orang luar, apalagi dari Jakarta yang visit, mereka happy banget. Macam Kak Hati, saudaranya dari dusun lain ada yang shiok mereka mau divisit lagi sama orang Jakarta. Kehadiran kami yang bukan siapa-siapa ini segitu bikin kami happy :”) yuk lah yang baca ini, kita ke sana bareng yuk?

Tampilan luar gereja di Lero

Setelah ibadah, ada sajian kue sama teh gitu. Kuenya.. dari ketan kali ya? Nggak sempet nanya sih, tapi warnanya pink gitu dan agak manis-manis hambar (gimana tuh?), dan teh di sana manis-manis banget wkwkwk. Abis itu bubar, pada balik ke rumahnya. But, masih ada beberapa remaja yang main gitar gitu di tempat ibadahnya, sambil nyanyi-nyanyi, bikin happy dengernya hehehe.

Pagi-paginya, kami bangun buat siapin ibadah sekolah minggu, buat anak-anak. Tapi jadinya mereka berempat yang ibadah, ku jelasin fungsi obat-obatan yang dibawa ke Kak Hati. Sayangnya emang nggak banyak obat-obatannya, tapi at least ada pertolongan pertama buat mereka. Kalau sakit atau beli obat-obat mereka harus ke Lalundu btw, desa yang pertama kami datengin itu. Pernah ada seorang ibu yang diare sampe sebulan dan akhirnya meninggal, karena emang nggak ada fasilitas kesehatan di situ 😦 Tapi kalau dari yang Kak Hati cerita sih, rencananya mau dibangun puskesmas di sana, semoga terealisasi! Abis itu, ku cuci-cuci baju buat ditinggal di sana hehe. Terus, kami pamitan dan mau lanjut ke dusun berikutnya: Moma!

CAPE BANGET WOOOI WKWKW. Jadi dari Lero ke Moma ini kami jalan kaki, lewati hutan dan sungai-sungai. Sebenernya, buat daku capenya itu pas awal keluar dari Dusun Lero, karena jalanan batu-batu sama tanah nggak rata, plus tanjakan turunan, plus itu sekitar jam 12 apa 1 gitu, puanas rek. Berdasarkan info dari tim sebelumnya, kami memutuskan buat jalan pakai jas hujan dan sepatu boots, jadi nggak perlu riweh takut kebeset daun-daun pas di hutan, or even pas lewatin di sungai, atau kalau tiba-tiba turun hujan. Oh ya, musim di Palu agak kebalik, jadi tengah tahun (Juni) tuh hujan terus, dan Desember pas kami pergi ini panas dan lumayan kering, jalannya jadi lebih mudah sih. Tas kami dibawain sama orang-orang di sana :”) jadi tinggal memastikan diri sendiri aja sih. Setelah lewatin jalanan naik turun yang sungguh menyiksa itu, akhirnya masuk hutan, aku happy :”)

Di tengah hutan, antara Lero dan Moma

Adem, banyak hijau-hijau, dan nanjaknya nggak berlebihan macam di jalan bebatuan huhu. Abis lewatin hutan, masuk ke daerah sungai-sungai gitu, kami ganti sendal jepit dan lanjutin jalan. Lebih menyenangkan lagi, soalnya kaki kena air-air sungai yang dingin gitu kan :”) ❤ TAPI sayangnya, kawan-kawanku tersayang pada ada yang baret, jempolnya ke-antuk batu, dan kapalan :”) buat mereka.. ini semacam mulainya penderitaan sampe pulang huhu. Terakhir, sebelum sampai ke dusunnya, lewatin jembatan dari sebatang kayu gitu, di atasnya sungai, baruu deh sampe. Pas banget abis itu ujan, untungg banget udah sampe. Cerita ini terdengar sebentar? Oh tenang, kami jalan 3 kilometer mendaki gunung lewati lembah itu wkwkwk. Lupa durasinya, kalau nggak salah 4-5 jam :”) Untung dari sebelom berangkat udah sempet persiapan dan jalan kaki pulang dari kantor ke rumah beberapa kali wkwkwk Butt, thanks God we did the right way. Jadi tim Juni tuh tripnya dari Moma baru ke Lero, dan jalan kakinya tuh nanjak. Kami sebaliknya, jadi jalannya lebih turun gicuu.

( CERITANYA BERSAMBUNG KE PART 2 YAAAA wis panjang pisan hahaha) Click here to continue reading my mission trip experiencee 😉