Gereja di Moma

Mission Trip: Pedalaman Palu! (Part 2/2)

MOMA

Moma jauh lebih besar dari Lero, lebih luas juga, tapi emang nggak sebesar dan se’modern’ Lalundu. Lalundu sih itungannya macem “kota” banget sih kalau dibandingin sama Lero dan Moma ini. Pas dateng, kami nggak bisa banyak ngapa-ngapain… CAPE COY WKWKWK. Benyek lagi kan, keringet tuh ketahan di dalem jas hujan, pas buka jas hujan.. keringet tuh ngucur WKWKW ampun. Jam tangan di dalam jas hujan pun “terendam” keringet 🙂 Untung banget rutenya adem sih, hutan-hutanan dan sungai-sungaian, sangat membantu dan bikin happy. Sambil cuma leha-leha cape, anak-anak situ pada main karet semua, seseru itu. Kawanku Oline, ikutan main akhirnya. Ya mon maap w ga pernah main karet loh dari kecil :)) terlalu kota memang. Anak-anak di sana… asli jago banget sih, lompatnya pada tinggi-tinggi bangeet. Plus, mereka bisa main itu setiap saat sih, pagi-sore, tiap hari, bisa main terus, mantap.

Salah satu lapangan yang dipakai anak-anak buat main karet

Nah, on side story… Oline sama Putri udah mulai meringis-ringis nih. Putri kapalan, terus ke-kobet dan jadi luka gitu. Oline.. kakinya ke-antuk batu pas lewat sungai yang tadi, abis itu.. pas lagi main karet, dia nggak sadar terus berdiri deket.. sarang semut merah 🙂 digigit 3 semut merah sekaligus shay, termasuk di jari yang luka. Terus jadi bengkak banget karena tadi coba dikeluarin nanahnya (iya sorry ngilu huhu). Sementara cuma bisa dibersihin pakai antiseptik, dan bungkus kapas + kassa, karena di sana bener-bener nggak ada dokter or pengobatan apa pun ya kan :(( tapi yaudah, sakit tapi masih handle-able.

Malem itu kami buat ibadah juga di sana, buat jemaat umumnya (jadi campur, dewasa, remaja, anak-anak pun). Jemaat di sana jauh lebih banyak daripada di Lalundu sama Lero, bikin deg-degan sekaligus super happy hehehe. Deg-degan mikirin gimana biar pelayanan dan firman kami sampai ke hati mereka, dengan keterbatasan bahasa satu sama lain wkwk. Biasanya sih pas ibadah berikutnya, jemaatnya biasa nanyain ke gembalanya, atau ke Pak Tery apa yang diomongin sama kami gitu. Anyway, semoga mereka bisa rasain kasihnya Tuhan Yesus juga ❤

Ini dalam gereja dan jemaat di sana ❤

Kalau di Lalundu, gerejanya kan pas sebelah rumah yang kami tinggali, di Lero nggak jauh juga dari rumahnya. Nah, di Moma ini gerejanya lumayan jauh jalannya, plus gelap gulita pas malemnya, bener-bener nggak ada lampu jalan. Cahaya tuh cuma di masing-masing rumah, dan nyalainnya pakai aki gitu. Pas balik ibadah… kakiku menabrakkan dirinya ke ranting 🙂 biru deh jari kaki. Ampun emang, kedudungan sendiri loh.

Pas udah ngobrol-ngobrol aja di depan rumah malem-malem gitu, di rumah sebelah ada yang setel TV (yes, ini satu-satunya TV kalau nggak salah, dan bisanya RCTI doang atau apa gitu), dan ada beberapa yang ngumpul di lapangan sebelah rumahnya ini. Akhirnya kami berlima ke tanah lapang situ juga, dan pas dongak ke atas…. WEEY itu bintangnya banyak bangeeet dan se-visible itu, nangis :” sayang banget pake HP nggak begitu keliatan kalau difoto. Tapi sejernih itu huhuhu. Berlima dongak terus ke atas sampe diliatin temen-temen di sana HAHA, maklum laa norak, di Jakarta udah nggak keliatan bintang sebanyak dan sejelas itu.

(Kiri) yaa itu sudah maksimal foto bintangnya, intinya sebanyak ituu. Kalau kepo, mending ikut ke sana bareng kuy HEHE (Kanan) iya, foto kami maklum norak e hahah (Penerang pakai lampu di spot itu aja, selebihnya gelap gulita)

Jadi di Lalundu kan tidurnya di lantai + tikeran aja gitu kan ya, di Lero ada kasur tipis di rumah kayunya si kakak. Nah, di Moma ini di kasur tipis tapi lebih tebel dari Lero HAHA gimana tuh penjelasan ini sis. Pas di Lero tuh bangun-bangun masih sakit banget karena berasa tidur di papan gitu kaan. Di Moma.. sudah terbiasa wkwkwk, enak badannya justru pas bangun. Di atas kasurnya di rumah Moma tuh ada kelambunya gitu, sekalian buat menghadang nyamuk, sekalian buat jemur shay HEHE. Yuyur bawa jaket ke sini tuh sungguh tak berfaedah.. wwkwkwk, sedingin-dinginnya dingin (?) masih bisa bertahan tanpa jaket gitu. Tapi demi terpakai si jaket, pagi-paginya kupakai :)) karena lumayan lebih dingin dari biasanya. Biar ga mubazir aja sih sebenernya jaketnya…

Nah kami bangun pagi-pagi dan menuju ke gerejanya, karena mau doain dulu sebelum ibadah, biar dilindungi dengan baik kituh. Gemesnya, diikutin sama anak-anak, ramee, dan mereka cuma liatin kita doa gitu wkwkwk. Abis itu beberes, dan buat ibadah sekolah minggu. Mereka super excited dan happy ikut nyanyi main-main, gambar, dan dibagiin balon sama mainan gituu. Huhu happy. Pertama shiok gitu pas balonnya meledak, terus makin banyak yang sengaja diledakin sambil mereka cekikikan wkwkwk.

Anak-anak Sekolah Minggu ❤

Terus, makan siang, jujur ga inget menunya satu per satu. But… enak woooy :” oh! Inget si sayur pakis deh, enak bangeet. Sampe nggak paham yang dibahas sama kawan-kawan Juniku itu mana yang ga enak si guys :(( Rus terus, siangnya kami buat ibadah lagi buat remajanya, sekadar ngobrol-ngobrol dan tanya kabar mereka gituu, plus nyanyi-nyanyi. Semoga mereka bisa stay ada ibadah remaja dan lebih semangat lagi dalam Tuhan, haleluyah! Hehe ❤

Abis itu, kami stay di rumah, dan ada beberapa anak (2-3 anak kalau ndak salah) yang kami ajarin matematika gicu. Jadii, di sana ada sekolah, tapi agak sad sih kalau denger cerita dari mereka. Sebenernya masih agak bingung sama sistem sekolahnya, karena nggak langsung ke sana kan. Kalau dari info tim Juni, sekolahnya tuh cuma ada 2, satu buat kelas 1-3, satunya lagi buat kelas 4-6. Tapi kalau dari ceritanya anak-anak ini, mereka yang lagi belajar ini tuh kelas 5, dan nggak bisa lanjut ke kelas 6 karena jumlahnya belum cukup. Tebak jumlah mereka berapa? 9. Minimum buat buka kelas berapa? 10 🙂 lahilaaah. Jadi yaa mereka harus tunggu anak-anak lain yang di kelas 4 naik kelas, baru bisa buka si kelas 6-nya itu :((( guru yang ngajar teh dari Palu, jadi dia bukan warga situ, dan dateng kalau mau ngajar aja gicu. (Eh apa selama ngajar tinggal di sana ya? Lupa..) (Makanya Irene cerita tuh jangan basi elah) (HEHE)

Nah, selesai ibadah itu, jadi dari seberang rumah wakil gembala yang kami inepin, dari kemaren malem tuh emang udah ada suara-suara orang lagi pada nyanyi lagu rohani gitu. Pas malem kemaren, mau nyamperin nggak enak, masih shy shy gitu HEHE. Akhirnya malem itu nyamper ke rumahnya, dan ikutan nyanyi-nyanyi juga. Asli, hati tuh berasa penuuuh banget, super happy, super bersyukur bisa dapet kesempatan buat pelayanan ke sana. Mereka nyanyi semangat betul, meskipun gelap gulita, cuma ada 1 lampu redup gitu di ujung rumahnya. Plus, at one point, berharap… teknologi dan modernisasi tuh nggak masuk ke mereka (yes), biar mereka tetep bisa praise and worship se-nyaman sekarang, sedeket sekarang satu sama lainnya. Iyaa, bayangin aja anak-anaknya masih terus main bareng pagi dan sore (oh iyak, selain lompat karet, ada egrang juga!), bukan sibuk di smartphone masing-masing ye kan (iya meskipun mabar juga sih). Ky.. human interactionnya sungguh menyenangkan di sana, happy banget dah.

That’s the end of the day, besok paginya kami siap-siap beberes, mau balik ke Lalundu. Bagi-bagi obat, baju, sama barang-barang bawaan yang bisa ditinggal di sana. Terus udah deh bersiap pulang, itu tas carrier tepos jauh dari hari pertama LEL. Nah.. di sini torture dimulai…. perjuangan Oline sama Putri buat pake alas kaki pulang :”) berhubung kaki mereka udah bengkak banget karena insiden, jadi pake boots merupakan sebuah kemustahilan. Putri akhirnya pakai kaos kaki + sendal gunung, dan Oline disuruh pakai sepatu macam keds gitu yang ada di sana. Cuss deh kami balik ke Lalundu.

Apaqa jalannya menyenangkan dan friendly? Oh tentu tidak wkwkwk. Banyak jalanan yang cuma muat satu roda motor, kiri kanannya tanem-taneman, dan ilalang-ilalang gitu. Plus, jalan dari Moma ke Lalundu tuh harus lewatin sungai yang dalemnya sepinggang gitu. Jadi, beberapa orang turun, dan tarik rakit yang udah mereka sangkutin di ujung, terus kami + motornya dinaikin di rakitnya itu, baru deh nyebrang. Asli, ngebayangin mereka yang lewatin itu setiap mau lintas daerah.. cape banget :”)

Ngg anu, ini kok macem sempit bin cetek ya sungainya? Lumayan lebar dan dalem kok guys wkwkwk, ini baru diseret gitu, sekitar 10 langkah jalan itu udah sepinggang dalemnya

Trip ini pun sungguh jadi penderitaan buat dua temanku tersayang, karena kaki yang bengkak itu…… ke-antuk batang taneman yang keras-keras sepanjang jalan :”” Oline dibonceng sama yang boceng diriku pas awal naik motor ke Lero. Karena, kaki dia lumayan “kronis”, dan butuh pengendara yang handal. Nah, yang bonceng si Putri teh sebenernya jago juga, cuma agak segan bawa motornya karena dia lagi sakit, plus cewe pula. Akhirnya ada di satu rute gitu, jatooh :”) untung bukan pas di jurang apa tebing… Putri hanya bisa diam sepanjang jalan :”)

Aqu? Ku sama Pak Mohe, pendeta yang dari Lero. Ngg anu, pas dia bilang, baru sadar rem motornya agak blong :)) jadi pas tanjakan atau turunan, ku turun. Oh, plus ada satu momen ku dibilang stay aja, nggak usah turun. Itu posisi turunan, dan kami meluncur tanpa rem, sambil Pak Mohe teriak-teriak ke yang depan ‘AWAS, AWAS, REM BLONG‘ ya halo dag dig dug hatiku :)) hanya bisa doa sepanjang jalan wkwkwkwk. Jadi desa dan dusun ini tuh letaknya dibatasin gunung gitu, jadi dari kota Palu ke Lalundu tuh macam ke puncak. Terus Lalundu ke Lero nanjak karena letaknya di puncak gunung, dan Lero ke Moma turun, karena Moma di balik gunungnya. Jadi pas dari Moma mau balik ke Lalundu, nanjak banget ya iya, turun juga iya, karena ambil rute balik gitu.

Setelah dua apa tiga jam, akhirnyaaa kami sampai Lalundu. Pak Deny & Bu Ester istrinya ternyata udah nungguin dari pagi, karena expectnya kami bakal pulangnya cepet, he he. Kami sampai sekitar jam 2an, maklum di Moma totally nggak ada sinyal, jadi nggak bisa kontakan, jadi ga ngeh perlu baliknya pagi. Pas sampe, semua tepar kecapean, dengan tentu saja badan anyep karena kepanasan pakai jas hujan. Putri.. nangis pas turun motor, kesakitan :”) Oline mending masih bisa senyum-senyum, perlindungan sepatu memang lebih baik dari sendal gunung :”) terus abis rehat, akhirnya makan siang. WOW SUNGGUH TERKEJUD, ini dia penampakan makan siangnya.

ENAK BANGET INI MAKAN SIANG TERAKHIR DI PALU

ENAK BANGEEET PARAAAAAH <3<3<3 Ada ikan yang.. nggak tau diapain 🙂 agak pedes-pedes gitu tapi enak meskipun durinya banyak pisan. Terus ada telor balado, sayur pakis, sama daging… nggak tau bumbu item diapain tapi enak banget kacau. Asli abis cape banget di jalan, terus makan gitu tuh… wah beneran pengen nangis, enak banget :””” Di ujung itu mangga muda, manis kecut segeer. Oh! Pas sampe dibikinin sirup pake es gitu, yaampun sungguh happy badan ini.

Setelah selesai, kami beberes, foto-foto sebentar, terus cus deh ke kota Palu, balik sama Pak Deny & Bu Ester. Bu Ester bawain cookies gitu, enaak, ngobrol seru, seru, seru… senyap WKWK ngantuk euy, tepar. Jalannya berliku-liku gitu, bener macam jalan dari puncak mau balik Jakarta gitu. Tadinya mau diajak jalan-jalan, tapi sayang kesorean :(( akhirnya cuma berhenti dan liat laut dari atas gitu, cantik! (Yes, ini laut yang tempo hari tsunami pas gempa itu. Sepanjang jalan di pinggir laut itu masih bisa keliat bangunan-bangunan yang hancur, plus sejauh apa itu ombak :”) thanks God they are doing fine already by now) (Temen-temen di desa dan dusun itu nggak berasa dampaknya, karena mereka tinggal jauuh dari laut itu).

Sampai Palu, diajak makan malem dan cobain macem-macem. Ada nasi merah (nggak inget nama benernya), bukan nasi beras merah, tapi nasi pakai saus tomat gitu, jadi asem-asem. Terus ada nasi… bogana? ah lupa namanya, tapi banyak lauknya gitu. Enaak enak, luar biasa kenyang. Tapi jujur sedih dan menyesal karena besokannya pagi-pagi udah harus pulang 😦 nggak sempet explore kota Palu. Pendeta gue dari Jakarta telepon, ngoceh karena kami nggak sempet liat ke pantainya HAHA 😦 karena se-ba-gus itu. Terus langsung ditodong, kapan mau trip ke sana lagi? WKWK mon maap pulang juga belom nih. Malemnya kami istirahat…. rumah Pak Denny mah bagus macam rumah Jakarta biasa gitu, bukan yang kayu-kayu. Terus pas tidur ketemu springbed… kok ya badan jadi sakit HAHA udah nyaman di papan 😦

Ohiya! Seneng uga ketemu kloset duduk wkwkwk. Sebenernya sih, di Lalundu sama Moma toiletnya quite proper. Ada bilik tertutup, air yang nggak pernah habis (iyak, di gunung kan mereka ya), dan ada kloset jongkok. Agak parno sebenernya karena diceritain sama tim Juni, toiletnya tuh.. super.. jadi pintunya cuma setengah, mandi harus pakai sarung or saling jagain gitu. But thanks God… WC di Moma itu jadi H-1 sebelum kami dateng WKWK luar biasa :”) makasih loh. Nah, kalau di Lero, pintu kamar mandinya dari seng, terus “tembok”nya dari anyaman daun-daun gitu, yang mana ada beberapa spot yang mulai bolong. Tinggal pinter-pinter nutup sana sini pakai semua yang ada wkwkwk. Terus airnya ngalir terus, ditadahin pakai baskom besi gitu, agak bau besi sih airnya jadinya, but still super ok. Ohh, tapi, aliran airnya ini cuma dua opsi, mau di kamar mandi, or toilet, jadi nggak bisa dua-duanya. Nah toilet tuh letaknya masih di bawah lagi, serongnya kamar mandi. Haleluyah nggak sering mules sih pas di sana, perutku juga mengasihi sambel Palu HAHA.

Besoknya pagi-pagi kami otw ke bandara lagi, karena flight jam 7 pagi. Rumahnya si Pak Deny cuma 5 menit dari bandara sih, jadi lebih chill. Pamitan, sedih sekali karena berasa kurang lama 😦 sampai di bandara dan check in, terus akhirnya beli oleh-oleh di bandara saking udah nggak sempet ke mana-mana…. bandaranya unyil, jangan bayangin macem Soekarno-Hatta gitu ya. Cuma dua lantai, satu lantai check-in sama ada beberapa toko oleh-oleh, lantai kedua restoran sama buat boarding pesawatnya. Akhirnya kami beli bawang goreng sama sambel (iya, Palu khasnya bawang goreng)….. ya mahal banget hoi 🙂 masing-masing 50 ribu :)) tapi.. kacau sih asli, enak banget emang wkwkwk. Wis deh, balik Jakarta, selesai deh tripnya :””) yeay.

Bandara Mutiara SIS Al-Jufri

Buat yang nanya kenapa mereka bisa tinggal di sana (iya pakbosku juga bertanya yang sama kok pas kucerita), dan kerjaan mereka apa.. mereka tanem-tanem gitu, ada pala, cokelat, sama sawit (sawit kulihat banyak di Lalundu sih, di kedua dusun nggak keliat). Mereka semacam cari lahan baru buat bercocok tanam gitu, makanya mencoba daerah lain. One sad thing about these places… buanyak banget poster kampanye oi, tapi datengnya pada pas mau pemilu aje 😦 untungnya pas mau pemilu itu mereka benerin jalan di sana sih, tapi ya.. pemerintah, tolong sering di-visit dan dibantu ya mereka :((

Terlepas dari kondisi jalan.. yang paling memprihatinkan soal kesehatan dan pendidikan sih. They definitely deserve better, jelas. Atau prioritas utama deh, kesehatan dulu. Lalundu mungkin lebih baik, karena udah jauh lebih “kota” dibanding Lero sama Moma, udah ada semacam puskesmas besar, banyak yang jual obat-obat macam panadol sama tolak angin juga. Di Lero sama Moma tuh ya, bener-bener nggak ada fasilitas kesehatan, just like what I shared before. Mereka harus ke Lalundu buat stok obat, yang mana nempuh perjalanannya jauh dari kata mudah, dan berbahaya pula. (Mereka cerita beberapa kawan ada yang tergelincir pas bawa motor, dan iya jatoh ke jurang).

YOK kalian pada pergi misi dah, atau at least ngajar ke pedalaman gitu. Bener-bener buka perspektif baru tentang arti bersyukur, betapa hidup kita tuh enaaknya kebangetan dan mudah kalau dibanding mereka, dan bikin hati super penuh dan happy pas pulang. Semoga ada kesempatan bisa ke sana lagi dengan persiapan lebih baik lagi, amen! Thank you Palu, thank you Lalundu, thank you Lero, thank you Moma ❤

ANYWAAAY, yuk support yayasan satu ini, biar lebih banyak lagi orang-orang di pedalaman (terlepas dari agama apa pun yek) ditolong yaa 👇🏻

Mari bersama kami memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Yayasan Rumah Junior adalah yayasan yang membantu anak Indonesia dan masyarakat prasejahtera dalam pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.
WA : 0817803424 atau 085697853657
BCA: 548-50-600-54 a/n Yayasan Rumah Junior
Instagram : @yayasanrumahjuni
or

One thought on “Mission Trip: Pedalaman Palu! (Part 2/2)

Comments are closed.